Home > ekonomi, umum > Ragam Jenis Batik

Ragam Jenis Batik


Kira-kira apa yang ada dalam pikiran anda ketika mendengar kata ragam batik? Kebanyakan orang masih banyak yang kurang mengetahui ragam batik, dalam hal ini saya akan membicarakan masalah antara batik cap, batik pola elit simetris, batik kombinasi, batik pulau dan batik tulis.

Pertama batik cap, batik cap disini yang dimaksud yaitu batik yang satu lembar kain terdiri dari full cap, tidak ada gambar yang di canting/ditulis. Batik model full cap seperti ini lebih gampang untuk dijahit jadi berbagai model pakaian karena tidak harus gambarnya nyatu, karena memang model ini tidak difokuskan untuk jadi pakaian yang gambarnya nyatu. Batik jenis ini cenderung lebih murah.

Kedua yaitu batik pola elit simetris, batik model ini lebih mudah untuk dijahit dan tentunya gambarnya bisa nyatu, karena memang gambar desain sudah dimodif sedemikian rupa pada pola awal kain yang akan dibatik, desain sudah disesuaikan dengan jenis bajunya nanti akan seperti apa, jadi misal batik ini didesain untuk jadi hem/kemeja, maka harus dijahit pula menjadi kemeja, tentunya agar hasil gambar desainnya bisa nyatu. Batik pola model pola elit simetris semacam ini selama saya mengenal batik saya belum pernah menemuinya. Saat ini yang ada di Manggala Batik Kulonprogo. Ada beberapa desain jadi dari batik pola elit simetris ini, anda bisa lihat di www.manggalabatik.co.cc atau di www.mugi2sae.co.cc dibagian Jenis Batik yang Bisa Anda Pesan(1) dan (2) serta di postingan Berjudul Batik Favorit. Batik jenis ini harganya agak mahal.

Ketiga saya akan membicarakan masalah batik kombinasi. Batik kombinasi yang dimaksud adalah batik yang terdiri dari kombinasi antara di cap dan ditulis, batik model ini cukup bagus dan harganya tidak terlalu mahal dibanding batik yang full tulis.

Keempat yaitu batik pulau. Batik pulai yaitu model/jenis batik yang gambar atau desainya biasanya berbentuk seperti pulau-pulau. Jenis batik yang seperti ini susah banget untuk dijahit, karena akan susah untuk memodifikasi agar gambarnya tidak berantakan/mencong-mencong atau tidak menyatu. Karena batik jenis ini desainya cenderung tidak simetris, jadi akan menyulitkan penjahit untuk memotong dan menjahitnya jadi pakaian.

Dan yang terakir adalah batik tulis. Bati model/jenis ini cenderung mahal, karena selain pembuatanya lama, desainya biasanya juga lebih menarik karena semua gambar desain di canting/ditulis tangan bukan cap. Batik full tulis cenderung disukai bapak-bapak atau ibu-ibu.

Categories: ekonomi, umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: