Home > memory > Babe Yang Hebat Mengeluh

Babe Yang Hebat Mengeluh


Hari ini babe tiba-tiba nafasnya ngeos-ngeos, mungkin dampak terlalu lelah dan banyak pikir, juga karena kemarin sempat sakit juga. Tapi kali ini beda, mungkin babe sempat menyadari keanehan nafasnya itu, hingga babe mengeluh pada ibu “aku ki kenopo yo, ko nafasku koyo ngene?”. Yang dalam bahasa Indonesia artinya “Aku ini kenapa ya, kok nafasku kaya gini?”. Ibuku dengan halus menjawab “koe ki wes tuo, kui ki pikiran, nek kiro2 abot ki ojo disaguhi!”. Artinya “kamu itu udah tua, itu pikiran, kalau misal berat jangan disangguipin”.

Babe ku memang orang yang pekerja keras, sampai kadang dia lupa dengan kesehatanya, terlalu tinggi harapanya yang membuatnya seperti itu. Dan masih entah kenapa aku tak pernah bisa sejalan dengan babeku, hingga aku memutuskan jalan sendiri. babe ku bukan orang yang gampang menyerah, dia hebat, cuma satu yang aku dan ibuku kecewain, babe tak lagi seperti babe yang dulu. Bahkan ibuku sendiri menilai seperti itu, ibu pun sering memilih mengalah walau sakit, karena babe yang sekarang orangnya tak mau kalah, dia juga tidak mau menerima saran dariku atau ibu ku, baginya omonganya yang paling benar. Dan prinsipnya “ra ono guru kok manut murid” artinya “tak ada guru yang ngikut murid”. Jadi semua harus ngikutin apa pikiran babe ku. Wah otoriter sekali kan. Dan saking parahnya itu, meski babe punya usaha, aku tak pernah membantunya, bahkan susah atau tidak aku sudah putuskan menentukan jalanku sendiri, dari pada aku tersiksa tertekan terus menerus.

Babe, apa pun yang terjadi meski aku tak sejalan denganmu, meski aku tak meneruskan jejakmu, tapi satu janjiku, jika suatu saat aku sukses aku tidak akan lupa kepadamu babe. Aku tetap akan ingat dan mendoakanmu, karena modal pendidikan ini babe yang membiayai. Makasih babe..

Cerita dari seorang bernama “Aku”

Categories: memory
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

