Home > Cerita > Fiksinya Ndaho

Fiksinya Ndaho


Seperti biasa Ndaho bangun jam setengah tujuh pagi. Tujuan utama pasti kamar mandi dan kemudian bikin kopi atau teh panas. Hmmff sepintas indah hidupnya Ndaho ini. Tapi apa boleh kata kalau ternyata dia penuh dengan masalah.

Pagi itu Ndaho kemudian berbincang bersama sang Ibu diteras depan. Sambil sesekali menyeruput teh panas yang barusan dia bikin. Seperti biasa tiap kali Ndaho dan Ibunya berbincang, tidak jauh pasti ngomongin Babe yang sudah terlalu. Ya siapa lagi kalau bukan Babe, orang yang penuh ambisi tanpa melihat kemampuanya, orang jawa bilang “ora ngilo githok e”.

Topik pembicaraan Ndaho dan sang Ibu tentang sikap Babe yang tidak pernah meikirkan anak istri lagi. Semua yang membiayai keluarganya (Ndaho) adalah sang Ibu, sedang Babe hanya ngrintis ini itu tapi tak pernah fokus, hingga dia pun tak mendapat hasil, bahkan hampir 2x dia tak dapat bayar cicilan hutang, biaya listrik dan lainny pun dia tak mampu bayar. Terus urusan makan dan sebagainya gimana? Yah tentunya Ibunya Ndaho lah yang menanggung itu, padahal sang Ibu pun sering sakit-sakitan karena harus terus bekerja diusianya yang telah beranjak tua.

Jika Ibu tak lagi mampu memenuhin semua itu terus gimana? “Tanya Ndaho ke sang ibu”. Tak tahulah, terserah Babemu itu, yang tak pernah nrimo (nrima) apa yang telah ada. Ndaho dan sang Ibu sesekali tak peduli pada Babe, tapi jika tahu Babe tak punya uang sepeserpun mereka pun timbul rasa kasian. Tapi jika selalu ingat sikap Babe yang terlalu itu mereka pun jengkel.

Babe selalu berbicara besar, hingga orang-orang tak pernah percaya dengan keluhan Ndaho dan sang Ibu bahwa mereka dalam kesulitan. Ntah apa yang dipikir Babe terserah lah “kata Ndaho sambil pasang muka pasrah jengkel”.

#ndaho #bersambung

Categories: Cerita
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: