Home > Catatan Biker, Otomotif > Gir Oblak, Solusimu Yang Mana?

Gir Oblak, Solusimu Yang Mana?


Oke gaes kali ini mimin mau bahas perkara gir oblak. Apa itu gir oblak? Sebenarnya ini adalah masalah yang sering di keluhkan oleh para biker honda tiger. Yap, hampir semua pengguna tiger pasti pernah mengeluhkan masalah ini. Mulai dari bos gir gampang rusak, kemudian gir oblak, dan rantai brisik hingga rantai lepas atau baut gir patah.

Mimin sendiri membahas ini karena juga sebagai pengguna honda tiger. Dan, bagi yang masih mengaplikasikan pelek khusus buat tiger apalagi pelek bukan ori maka pengancing gir blakang biasanya cepat oblak karena bahan peleknya yang gak kuat. Mimin pernah alami pas oblak maka pengancing gir mimin kasih dobel alias rangkap dua, alhasil sama saja hanya kurang dari sebulan pelek lagi-lagi kalah.

Dari sekian banyak keluhan, muncul lah ide-ide kreatif para anak bangsa penunggang tiger setia. Yang banyak duit mereka ganti tromol mulai dari punya pio, nmp, king, cb150, atau yang lainya yang biasanya berbasis karet angkatan sama halnya seperti motor-motor bebek.

Bagi yang tidak terlalu berduit, atau mungkin mereka yang masih setia pakai part khusus tiger maka mereka menciptakan ide-ide baru, seperti gir dikunci pakai laher besar. Dan tentunya tidak hanya asal beli laher dan bisa pnp, harus melibatkan tukang bubut juga. Berikut penampakan salah satu photo hasil postingan member group FB Honda Tiger yang mengaplikasikan laher pada gir nya.

image

Selain cara tadi tentunya masih ada cara-cara lain, ada juga yang pakai sisten drat meski menurut mimin masih kurang efektif karena ini masih bertumpu pada pengancing gir ori, biasanya bagian pelek pas pengancing gir yang tidak kuat.

Ada juga yang maen ekstrim gir di baut tembus atau lobang karet bos gir di cor jadi tidak memainkan karet lagi, namun cara ini juga dianggap kurang efektif

Dan beberapa waktu lalu teman mimin ada yang mengajarkan cara yang satu ini. Gir dikunci pakai potongan gir dan kemudian potongan gir dipasang tumpuk menyilang kemudian dibaut tembus. Fungsinya hanya untuk menahan gir agar tidak oblak atau tidak goyang. Perkara efektif atau tidaknya mimin belum dapet review yang recommended. Namun mimin punya penampakanya berikut.

image

Oke gaes sekian dulu dari mimin, banyak salah jangan dicaci, mohon diberi solusi.

Photo source by Group Honda Tiger dan by mimin gantheng.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: